Manhwa Corner: Noblesse

Salah satu cover volume pertama Noblesse, menampilkan cadis Etrama Di Raizel di sampul depan
Salah satu cover volume pertama Noblesse, menampilkan cadis Etrama Di Raizel di sampul depan

Bertemu kembali dengan saya di manhwa corner. Kali ini saya akan membahas salah satu manhwa paling terkenal di Korea saat ini. Yep, apalagi kalau bukan manhwa dari sang immortal tampan: Noblesse.

Berkisah tentang seorang noblesse yang terbangun dari tidur panjangnya setelah 820 tahun di sebuah bangunan terbengkalai di Korea, Cadis Etrama Di Raizel mendapati dunia yang dikenalnya sudah banyak berubah. Dan sang immortal kita ini berusaha beradaptasi dengan segala kemajuan teknologi saat ini.

Dari sinopsis singkat ini kita akan menyangka akan membaca komik webtoon dengan komedi yang kental dan sama sekali tak ada kesan menakutkan di sini. Tak salah sih, tapi juga tak benar.

Nyatanya di kisah ini kita akan dihadapkan pada pertarungan-pertarungan seru, kaitan masa lalu yang kuat di antara tokoh-tokohnya, karakter yang kuat, plot yang dalam, cerita yang padat, serta ciri khas manhwa yang membedakannya dengan manga: komedi mendadak yang sanggup mengocok perut.

Tak ada spasi di dalam komik ini. Cerita dan plot dirangkum secara padat tanpa bertele-tele. Kalian tak akan membuang-buang kuota kalau membaca komik ini. Tidak ada chapter yang tidak berharga untuk dibaca (kecuali chapter extra) Kamu tidak akan bosan membacanya.

Oh dan di Korea sendiri komik ini sudah dicetak lebih dari 7 jilid dan sudah dicetak dalam bentuk novel juga. Bahkan di setiap season baru, akan keluar video promosi dalam bentuk animasi yang sudah pasti membuat penggemar manhwa ini menggila.

Untuk chapternya sendiri masih berlanjut dan sudah sampai chapter 351 (hingga saat tulisan ini dipost) Namun sayangnya pengarang dan komikus manhwa ini sedang dalam keadaan tak sehat. Noblesse terpaksa dihentikan untuk sementara waktu, tapi kita berdoa saja semoga mereka berua lantas diberi kesehatan.

Dan inilah sebagian besar tokoh yang bermain dalam seri ini. Karena tokohnya sudah terlalu banyak, kita singkat saja jadi yang penting-penting saja ya.

 

Cadis Etrama Di Raizel

Wajahnya cool banget kan? Apa nggak bikin cewek teriak histeris?
Wajahnya cool banget kan? Apa nggak bikin cewek teriak histeris?

Noblesse yang baru terbangun setelah tidur panjangnya selama 820 tahun. Berwajah pria tampan berambut hitam di usia dua puluh tahunan, dia memesona hampir seluruh wanita di manhwa ini. Ciri khas yang membedakan dia dari manusia adalah matanya yang merah, persis seperti para nobles yang lain.

Dia dipanggil Rai oleh Shin Woo dkk. Saat pertama kali bangun, ia melihat banyak orang memakai baju seragam yang sama, yang ternyata adalah seragam sekolah Ye Ran High School. Dia bertemu Shin Woo yang mengira dirinya adalah anak asing yang tersesat. Dan sejak saat itu terus ke sekolah Ye Ran dan menempuh pendidikan di sana.

Di balik wajah datarnya, Rai punya cinta yang sangat mendalam pada manusia. Dikatakan oleh palayannya, Frankenstein, Rai sangat menyukai manusia sejak dulu dan tak akan pernah segan untuk membantu mereka.

Rai selalu antusias mencoba teknologi baru, seperti saat dia pertama kalinya ke warnet dan main game sejenis Point Blank (kalau di situs, namanya PC cafe, bukan warnet) dia kalah telak dari Ik Han dan Shin Woo. Lalu sejak lidahnya mencicipi rasa ramen, dia jatuh cinta pada makanan instan itu dan selalu memakannya hampir di setiap kesempatan.

 

Frankenstein

Kalo ada kepala sekolah kayak gini, kita nggak mau lulus kali ye?
Kalo ada kepala sekolah kayak gini, kita nggak mau lulus kali ye?

Pelayan setia Rai sekaligus butler di mansion Rai dulu. Sekarang menjadi kepala sekolah Ye Ran. Sewaktu bertemu kembali dengan Rai, dia sangat terkejut, tapi juga bahagia melihat masternya masih hidup.

Loyalitasnya patut diacungi jempol. Dan sisi gelapnya yang seringkali digambarkan tersenyum seperti orang gila dan menguarkan aura hitam di sekujur tubuhnya seringkali mengundang tawa.

Dia sudah hidup panjang dan kenapa dia bisa begini kuat padahal dirinya hanya manusia biasa, bukan nobles, masih menjadi pertanyaan.

 

Dari kiri ke kanan: M-21, Tao, Takeo.  Tao rambutnya sesuatu banget ya?
Dari kiri ke kanan: M-21, Tao, Takeo.
Tao rambutnya sesuatu banget ya?

M-21

Seorang manusia buatan yang ditolong Rai saat dia hampir dimusnahkan oleh teman seorganisasinya yang ditugaskan untuk membunuhnya. Mantan anggota Union.

Tak punya ingatan tentang masa lalunya. Rai mengizinkannya ikut dengannya untuk memulai hidup baru. Frankenstein meneliti pemuda ini lebih jauh dan mendapati bahwa di dalam tubuhnya ada sesuatu yang lain. Dia menjadi incaran utama Dr.Crombell untuk alasan yang masih belum jelas. Dipanggil Ajussi (panggilan setara “Paman” dalam bahasa Indonesia atau –san dalam bahasa Jepang) oleh Shin Woo, Ik Han, dkk.

 

Tao

Mantan anggota Union yang dulu ditugaskan untuk mencari informasi tentang Dr.Crombell. Namun sejak hampir dibunuh teman setimnya dan diselamatkan oleh Rai, dia ikut tinggal di rumah Frankenstein bersama Rai dan M-21. Dipanggil Hyung oleh Ik Han.

 

Takeo

Anggota setim Tao yang ikut selamat dan membelot dari Union. Bersenjatakan pistol laras panjang. Takeo menjadi satu tim dengan Tao di DA-5 karena adiknya disandera oleh Union, tapi ternyata semua itu cuma tipuan. Dia tidak punya adik dan sekarang ikut tinggal di rumah Frankenstein bersama M-21 dan Tao.

 

Regis K. Landegre

Biasanya Regis pakai baju seragam Ye Ran. Tapi yang ini lumayan juga
Biasanya Regis pakai baju seragam Ye Ran. Tapi yang ini lumayan juga

Noble yang tinggal di rumah Frankenstein. Dia bersama Seira dikirim ke dunia manusia untuk menyelidiki cara manusia hidup. Tanpa disangka mereka bertemu Frankenstein. Sebelum tahu kalau Frankenstein itu pelayan Rai, mereka mengira Frank hanya manusia biasa sehingga menggunakan pengendalian pikiran kepadanya. Setelah tahu semuanya, Regis ikut bersama Frankenstein dan menjadi pasukan pelindung Rai yang bernama RK-5.

 

Seira J. Loyard

Seira dan soul weaponnya: Deatscythe
Seira dan soul weaponnya: Deatscythe

Ketua Klan Loyard. Satu-satunya pureblood yang selamat di keluarganya. Dia dikirim bersama Regis untuk mengawasi anak itu atas perintah kakek Regis yang sudah dianggapnya sebagai ayah. Punya sifat yang dingin, hampir sama seperti Rai, tapi lemah kalau dipuji.

Dia diajak masuk Tao ke RK-5 sebagai no.5.

 

Dr.Crombell

Dari mukanya udah kelihatan jahat kan?
Dari mukanya udah kelihatan jahat kan?

Musuh utama para tokoh protagonis di manhwa ini. Dia licik, cerdas, punya banyak akal, dan tak punya belas kasihan. Kombinasi yang lengkap dengan sifatnya yang ambisius. Dia punya kekuatan yang sama dengan Frankenstein (elemennya maksudnya, bukan level. Kalau level kayaknya dia yang lebih kuat dan punya pengendalian lebih) Bila dilihat dari sifat, sepertinya dulu Frankenstein punya sifat seperti Crombell. Sekarang dia menjadi salah satu petinggi di Union.

 

Di kisah ini yang jadi musuh utamanya adalah Union. Union sendiri adalah organisasi buatan manusia yang diketuai oleh 13 elder. Dan sekedar info, Crombell sudah jadi elder ke-13. Tujuan Union adalah memperkuat manusia sehingga manusia bisa berkembang tanpa bantuan Noblesse. Tapi sebenarnya tujuan mereka lebih dari itu. Masih belum diketahui dengan jelas apa tujuan dan kenapa Union diciptakan. Tiga belas elder sendiri, ironisnya, tidak semuanya berasal dari manusia juga.

Union punya banyak pasukan elit, beberapa di antaranya adalah M series yang ada M-21 di dalamnya, DA-5 di mana Takeo dan Tao menjadi salah dua anggotanya. Serta Cerberus, pasukan elit pelindung elder ke-12, dan masih banyak lagi.

Nah para protagonis kita juga punya tim lho. Mereka disebut RK-5. Kependekan dari Raizel Knights. Yep mereka memang mengklain diri mereka sebagai pelindung Raizel. Organisasi ini dibuat seenak jidat oleh Tao tanpa persetujuan siapapun. Anggotanya saat ini ada lima, sesuai angkat di belakangnya. Dan anggota-anggotanya pun punya inisial nomor untuk panggilan. Urutannya adalah sebagai berikut:

Number 0: Frankenstein

Number 1: Tao

Number 2: Takeo

Number 3: Regis

Number 4: M-21

Number 5: Seira

Walaupun M-21, Regis, Frankenstein, dan Seira dimasukin secara paksa oleh Tao, tapi mereka mau-mau aja tuh dipanggil begitu.

Dan di kisah ini ada berbagai ras lho. Berikut akan saya jabarkan sebagai bonus.

 

  1. Noblesse

Ras yang paling kuat di manhwa Noblesse sejauh ini. Meski dibilang ras, anggota ras ini hanya satu, yaitu Cadis Etrama Di Raizel seorang. Tugas dari ras ini adalah mengawasi para nobles dari balik bayangan, dan mengeksekusi mereka bila ada yang melakukan kesalahan. Karena itulah, keberadaan Noblesse ditakuti oleh para noble. Raizel sendiri sebagai satu-satunya noble punya sifat teramat bijaksana, tak punya celah, hanya sedikit linglung terhadap teknologi manusia.

Seperti noble, Noblesse juga punya umur panjang, tapi bukan berarti tak bisa mati. Mata mereka merah dan punya semua kekuatan Noble. Tapi yang membedakan dia dengan para noble adalah pengendalian darah. Teknik seperti ini hanya ada dua orang yang menguasainya di dunia dan salah satunya adalah Noblesse.

Saat ini penggunaan nama Noblesse sudah bergeser. Para member di Union menggunakan nama ini bagi seluruh noble. Padahal sebenarnya Noblesse hanya ada satu.

 

  1. Noble
Enam clan leader yang saat ini melayani The Lord.
Enam clan leader yang saat ini melayani The Lord.

Makhluk abadi. Sering disalah artikan sebagai vampir oleh manusia. Punya kekuatan yang melebihi manusia. Mereka sudah ada sebelum manusia. Dan sejak masa lampau, manusia selalu meminta tolong pada mereka karena dulu manusia adalah makhluk lemah yang gampang ditakut-takuti oleh hal-hal di sekelilingnya dan karena dulu manusia merupakan ras paling lemah di bumi.

Para Noble tinggal di Lukedonia, sebuah pulau di segitiga bermuda. Di tampuk kepemimpinan, ada tiga belas ketua klan yang melayani noble tertinggi, The Lord. Nah The Lord inilah yang memiliki kekuatan pengendalian darah seperti Noblesse dan bisa dikatakan punya kekuatan yang hampir setara dengan Noblesse.

 

  1. Werewolf

Kalian nggak salah lihat kok. Memang ada werewolf di kisah ini. Mereka punya kekuatan yang sama seperti para Noble. Dan tentu saja wujudnya manusia setengah serigala. Tapi bedanya mereka tak punya pengendalian pikiran, sehingga mereka hidup lebih menyepi dari manusia, melebihi para noble. Anggota ras ini yang baru muncul hanya Muzaka saja.

 

  1. Manusia Buatan

Ini ras dari M-21, Frankenstein, Tao, Takeo, dan sebagian besar anggota Union. Mereka punya kemampuan di atas manusia sebagai hasil dari berbagai eksperimen pengembangan pada tubuh mereka. Meskipun entah dengan teknologi macam apa kemampuan mereka dikembangkan hingga level ini.

 

Nah inilah asal mula legenda vampir di manusia. Mereka adalah manusia yang mengikat kontrak dengan para Noble, namun melanggarnya. Mereka jadi ketagihan darah manusia dan menjadi makhluk yang dikenal manusia sebagai vampir.

 

Nah sekian pembahasan untuk manhwa Noblesse kali ini. Kita akan bertemu lagi di manhwa corner berikutnya. Jangan lupa like dan comment pos ini ya!

 

Xoxo

Diah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7 respons untuk ‘Manhwa Corner: Noblesse

    1. Ya, elder kelima juga werewolf, M-21 punwerewolf walaupun dia artificial. Waktu review ini dibikin, baru Muzaka dan elder 5 saja yang disebut. Waktu itu udah ada ciri-cirinya elder 5 werewolf tapi saya ragu, jadi belumsaya cantumkan. Maaf ya

      Suka

  1. min, bukannya frank levelnya di atasnya crombell ya.? soalnya setau saya sih kekuatan frank dari perjanjian darah dengan raizel blom di keluarin sama frank, jadi frank punya drak spear dan blood spear. dan kalo frank pake blood spear jadi punya kendali penuh atas drak spear.
    itu setau saya sih min, klo menurut admin gmna.?

    Suka

    1. Ya bisa jadi ya, bisa jadi nggak. Jangan lupa faktor bahwa dokter crombell sampai saat ini masih belum ngeluarin apapun selain kepintarannya. Okelah dokter crombell memang mengembangkan penelitiannya berkat buku catatan peninggalan oppa frankie. Tapi kita juga nggak boleh lupa dengan betapa tenangnya dokter crombell waktu sempet face to face sama frankir dan raizel. DIa pasti punya alasan bisa setenang itu. Mungkin dia punya kekuatan yang tersembunyi juga.

      Soal blood spear, saya belum baca beberapa chap noblesse belakangan ini jadi agak ketinggalan, paling dari teman-teman saya se grup aja yang sering bahas dan ya saya juga dengar bahwa frankie belum ngegunain sama sekali kekuatan kontraknya sama raizel. Tapi moga-moga aja emang bisa ngendaliin dark spear dengan perjanjian kontrak itu.

      Nah mumpung kekuatan mereka berdua masih misterius batasnya, jangan praduga dulu deh. Dua pengarang kita juga agak suka ngetroll banget belakangan in (terutama soal my dear raizel, mah boy oh may boy) makanya jagan praduga siapa yang lebih kaut dulu oke.

      Urusan ama gradeus udah kelar, tinggal ama ragus yang yaelah matinya lama banget kayak kecoak dari wc ya?

      Dan tinggal elder pertama yang belum ketahuan siapa identitasnya dari semua elder di union. Kita tunggu misteri yang itu aja dulu oke?

      Suka

Tinggalkan komentar